Saturday, September 27, 2014

Cara Menahan Rasa Lapar Ketika Berdiet

Posted by Blogger Name. Category: ,

Apakah Anda sering merasakan lapar ketika sedang menjalankan program penurunan berat badan atau istilah bekennya diet? Hal tersebut wajar terjadi karena Anda memang ditantang untuk mengatur pola makan, tapi bukan berarti Anda menghentikan pola makan. Ketahuilah bahwa tujuan utama diet itu adalah untuk memangkas tumpukan lemak di tubuh. 

Karena wajar terjadi, tentu membuat seseorang yang hobi makan akan geram dengan kondisi tersebut. Bisa-bisa dirinya lupa bahwa sedang dalam masa menyukseskan penurunan berat badan. Apakah Anda termasuk orang yang hobi makan dan tidak kuat apabila rasa lapar sudah menghadang? Tenang, berikut ini cara sehat menahan rasa lapar ketika berdiet menurut Informasi Seputar Kesehatan.

Cara Diet
Jangan lewatkan sarapan
Setiap orang harus sarapan, karena perut kosong akibat ketika tidur 8 jam semalam. Penyebab kosongnya perut sepertinya tidak terlalu berkaitan dengan topik bahasan ini, jadi Anda bisa menanyakan langsung pada ahlinya.

Intinya, agar Anda tidak cepat lapar. Di pagi hari usahakan sarapan dengan menu yang menyehatkan, mengenyangkan, dan tentunya rendah lemak serta kalori plus gula. Anda bisa mendapatkan makanan dengan kriteria demikian dari bubur gandum, semangkuk salad buah dan sayur, ataupun secangkir jus buah tanpa gula.

Mengunyah dengan perlahan
Pernahkah teman Anda mengatakan bahwa Anda makannya ‘lambat seperti anak TK’? Tentu Anda kesal apabila dibilang seperti itu sehingga Anda mempercepat proses pengunyahan dan penelanan makanan.

Perlu Anda ketahui bahwa dalam berdiet, sangatlah penting untuk menyunyah makanan dengan perlahan. Hal ini bertujuan agar Anda sadar sudah berapa banyak makanan yang ditelan, dan ini merupakan cara paling efektif untuk menahan rasa lapar.

Makan dengan porsi kecil
Orang yang ingin menaikkan berat badan harus makan dengan porsi kecil, namun berlangsung secara periodik. Aktivitas tersebut juga bisa dilakukan oleh Anda yang sedang berdiet. Namun perlu diingat bahwa makanan yang dikonsumsi haruslah sehat dan banyak mengandung serat, terutama serat pangan yang dapat mengenyangkan perut lebih lama.

Ketahui kebutuhan kalori harian
Setiap orang berbeda kebutuhan kalorinya, karena beban dan tinggi tubuhnya juga selalu berbeda. Cara yang paling gampang untuk mengetahui kebutuhan kalori harian Anda adalah konsultasikan pada dokter, nanti akan dicek dengan alat atau alternatif lain. Setelah Anda tahu, pastikan bahwa Anda mengatur pola makan yang cukup kalori.

Demikian cara menahan rasa lapar ketika berdiet. Jikalau Anda ingin lebih cepat merasakan hasil dari program diet Anda, jangan lupa untuk rajin berolahraga.

0 comments:

Post a Comment

◄ Posting Baru Posting Lama ►
 

Footer1

FOOTER 2

Footer 3