Thursday, September 11, 2014

Pengobatan Varises Secara Alami tanpa efek samping

Posted by Blogger Name. Category: ,

Informasi Seputar Kesehatan - Pengobatan terhadap varises tergolong sangatlah sulit, jika anda ingin mengobati secara medis yaitu dengan sclerotherapy stocking, obat, pembedahan atau dengan laser. Sebetulnya masih banyak pengobatan alternative untuk menyembuhkan varises. Pengobatan yang direkomendasikan untuk varises adalah pengobatan varises secara alami, yang aman dan tidak menimbulkan efek samping yang sangatlah berbahaya bagi tubuh.

Apa itu varises?

Varises adalah pelebaran vena yang sering terjadi pada vena superficial. Vena merupakan pembuluh darah yang bertugas untuk mengembalikan darah dari tubuh ke jantung. Setiap pembuluh darah dapat mengalami varises. Tetapi yang sering terkena varises adalah kaki. Penyakit varises ini dapat menyebabkan rasa sakit dan ketidaknyamanan pada diri seseorang.

Pengobatan Varises Secara Alami

Gejala varises

Varises biasanya tidak menimbulkan rasa sakit. Tanda tanda varises meliputi:
• Vena yang berwarna ungu atau biru gelap
• Vena yang terlihat tidak beraturan dan menonjol; biasanya seperti tali pada kaki Anda.

Ketika ciri ciri varises dan gejalanya yang sakit terjadi, ini mungkin termasuk:
  • Rasa sakit atau berat di kaki Anda
  • Perih, berdenyut, otot kram dan pembengkakan di kaki bagian bawah Anda
  • Rasa sakit yang memburuk setelah duduk atau berdiri dalam waktu yang lama
  • Gatal-gatal di sekitar satu atau lebih dari vena Anda
  • Luka pada kulit di pergelangan kaki Anda, yang dapat berarti bahwa Anda memiliki bentuk yang serius dari penyakit pembuluh darah yang membutuhkan perawatan medis.

Penyebab Varises

Varises kaki, biasanya terjadi di seputar betis berupa urat-urat halus yang menyembul. Dan ini faktor penyebab varises :
  1. Berkurangnya elastisitas dinding pembuluh vena yang menyebabkan pembuluh vena melemah dan tidak sanggup mengalirkan darah ke jantung sebagaimana mestinya. Aliran darah dari kaki ke jantung sangat melawan gravitasi bumi, karena itu pembuluh darah harus kuat, begitu juga dengan dinamisasi otot disekitarnya.
  2. Rusaknya katup pembuluh vena, padahal katup ini bertugas menahan darah yang mengalir ke jantung agar tidak keluar kembali. Katup yang rusak membuat darah berkumpul di dalam dan menyebabkan gumpalan yang mengganggu aliran darah.

Bahaya Varises

Komplikasi penyakit varises dapat terjadi, meskipun jarang, dapat mencakup:
  • Ulkus. ulkus yang menyakitkan bisa terbentuk pada kulit dekat varises, khususnya di dekat pergelangan kaki. Ulkus disebabkan oleh penumpukan cairan jangka panjang dalam jaringan ini, yang disebabkan oleh peningkatan tekanan darah di dalam pembuluh darah yang terkena. Tempat yang berubah warna pada kulit biasanya dimulai sebelum bentuk ulkus.
  • Gumpalan darah. Kadang-kadang, vena di dalam kaki membesar. Dalam kasus tersebut, kaki yang terkena bisa membengkak. Setiap kaki bengkak tiba-tiba memerlukan perawatan medis yang mendesak karena akan menunjukkan bekuan darah, kondisi ini dikenal medis sebagai tromboflebitis.

Pengobatan Varises

Dibawah ini ada beberapa pilihan terapi yang akan disarankan oleh dokter yaitu :
1. Penggunaan stoking khusus
2. Skleroterapi
3. Endovenous Laser Treatment (EVLT)
4. Ligasi vena
5. Vein Stripping
6. Ambulatory Phlebectomy

Pengobatan varises secara alami pada kaki

Pengobatan alami atau cara menghilangkan varises kaki secara alami biasanya membutuhkan waktu yang cukup lama walaupun sebenaranya caranya cukup mudah, yaitu:
  • Setelah beraktivitas setiap hari, berbaringlah dengan posisi kaki dan tungkai lebih tinggi dari jantung selama 20 menit. Bagi penderita varises, usahakan tidur dengan posisi seperti ini sepanjang malam, untuk melancarkan peredaran darah ke jantung.
  • Jangan berdiri terlalu lama.
  • Olahraga rutin untuk melatih otot kaki : jalan santai, jalan cepat, joging, bersepeda, berenang (minimal 30 menit per hari).
  • Penting !! Jangan pernah memijat daerah yang bervarises, karena dapat menyebabkan pecahnya pembuluh vena. Lakukan pijatan secara ringan namun teratur, di daerah rawan varises dengan arah menuju jantung dengan lembut dan gunakan minyak esensial yang sudah dilarutkan.
  • Perbanyak konsumsi sayuran dan buah berserat tinggi dan makanan yang dapat merangsang sirkulasi darah, seperti bawang merah, bawang putih, bawang bombay, jahe dan cabai merah. Juga makanan yang kaya dengan vitamin B kompleks, vit C, vit E, vit B6, magnesium, asam folat, kalsium dan zinc.
  • Kurangi konsumsi gula, garam, daging merah, gorengan, dan protein hewani.
  • Sering-sering duduk berselonjor kaki, tungkai dan panggul.

0 comments:

Post a Comment

◄ Posting Baru
 

Footer1

FOOTER 2

Footer 3